Peran Komunitas Dalam Kelangsungan Hidup Brand

Peran Komunitas Dalam Kelangsungan Hidup Brand

Pernah dengar komunitas pecinta motor Vespa? Komunitas pecinta produk Apple? Mereka termasuk ke dalam “Brand Community”. Apa itu Brand Community? Brand Community adalah sekumpulan orang yang memiliki minat dan ketertarikan yang pada suatu brand sehingga terkumpul menjadi sebuah komunitas. Mereka bisa terdiri dari 1 kelompok atau 1 komunitas besar, atau terdiri dari beragam komunitas dengan nama yang berbeda tetapi tetap dengan 1 kesukaan yang sama terhadap brand yang mereka suka. Mereka dapat terhubung antara 1 dengan yang lainnya secara tidak langsung karena ketertarikan atau kesukaan yang sama dengan brand yang mereka suka. Secara tidak langsung juga, brand community ini sangat berpengaruh terhadap brand yang mereka sukai, mengapa?

Banyak hal yang menjadi alasan mengapa brand community mempunyai peran yang penting dalam suatu brand, salah satunya adalah mereka yang terhubung bersama di dalam brand community, sudah pasti merupakan pelanggan tetap bagi brand tersebut, mereka sebagai brand community ini mempunyai brand loyalty yang tinggi pada sebuah perusahaan, apa itu brand loyalty? Sebagai contoh, dua dari tiga pelanggan akan terus memilih produk yang sama dari perusahaan yang mereka sukai, itulah yang disebut dengan brand loyalty. Oleh karena itu jika suatu brand mempunyai brand community yang kuat, maka brand loyalty dari pelanggan terhadap brand tersebut juga akan sama bahkan lebih kuat lagi. Bisa kita ambil contoh adalah komunitas Vespa yang ada di Bandung. Komunitas Vespa di Bandung ini sangat beragam, mereka terdiri dari beberapa komunitas dengan nama yang berbeda tetapi dengan satu hal yang sama, yaitu kecintaan mereka terhadap motor Vespa. Mereka termasuk dalam brand community Bandung, atau brand community yang ada di kota Bandung. Loyalitas mereka terhadap brand Vespa sudah tidak dapat diragukan lagi, mulai dari keliling kota dengan motornya, mengunggah foto Vespa mereka di sosial media menggunakan hashtag tertentu sehingga dapat meningkatkan brand awareness untuk Vespa tersebut. Nah, brand awareness ini merupakan alasan selanjutnya mengapa brand community mempunyai peran penting dalam suatu brand.

Contoh Brand Community

Dikutip dari situs Alexa, brand awareness menggambarkan sejauh mana pelanggan dapat mengingat atau mengenali sebuah brand. Ada banyak cara untuk meningkatkan brand awareness ini, baik itu dari omongan mulut ke mulut, ataupun dengan unggahan yang diberi tagar di sosial media. Menurut data yang kami dapat dari Nielsen, 84% orang lebih percaya kepada rekomendasi tentang produk atau jasa yang mereka cari, dari orang lain. Begitu pula dengan rekomendasi yang dilakukan melalui daring. Unggahan tentang brand dan juga diberi tagar tertentu yang dilakukan suatu brand community dapat menjadi alternatif digital marketing untuk brand tersebut. Mengapa? Karena dengan brand community mengunggah foto atau video tentang brand yang mereka sukai dan diberi hashtag di sosial media mereka, brand tersebut semakin melebar jauh namanya, bahkan bisa sampai ke orang yang mungkin awalnya bukan target konsumen dari brand tersebut.

Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internet. Dengan contoh seperti itu, maka secara tidak langsung brand community sudah membantu kelangsungan hidup brand tersebut dengan cara memasarkan produk dari brand tersebut secara tidak langsung di sosial media mereka. Kita hidup dimana internet sudah menjadi kebutuhan pokok, dan di masa pandemi covid-19 ini, internet sudah menjadi tempat pelarian sebagian besar orang, maka dari itu digital marketing menjadi salah satu kunci utama dalam kegiatan marketing suatu brand. Dan dengan brand community yang ada, mereka sebenarnya sudah membantu brand tersebut dalam hal digital marketing.

Dan alasan lain mengapa brand community memegang peran penting dalam kehidupan brand ialah brand community dapat memberikan insight atau pandangan baru tentang produk atau jasa yang brand berikan. Dengan hal itu, brand dapat mengevaluasi produk atau jasa mereka dan dapat memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan karena brand community bisa memberikan komentar atau kritik yang membangun terhadap brand yang mereka sukai.

Dengan alasan-alasan tadi, maka sudah terbukti mengapa brand community berperan penting didalam kelangsungan hidup suatu brand. Jika anda memiliki brand, alangkah lebih baik untuk menciptakan brand community. Jika Harley Davidson yang hampir bangkrut bisa menjadi naik lagi karena brand community, apakah brand anda masih ragu lagi?

Reach us on WhatsApp
1